5 Alasan Kenapa Gue Pilih WordPress

logo wordpress

Oke gue akan mulai dengan membahas WordPress. Gue singkat WP aja, kepanjangan kalau ditulis semua hehe. Sebelum gue tau WP, gue belajar bikin website pakai Joomla. Ribet gila.

Singkat cerita gue menyerah bikin website pakai Joomla. Ketika ke toko buku gue nemu buku tutorial membuat blog pakai WP, lupa judulnya apa. Sampai detik ini semua blog atau website yang gue bikin pakai WP.

WP memang beda, terbukti banyak banget yang pakai. Nah ini 5 alasan versi gue kenapa pakai WP, walaupun sempat melirik Ghost tapi tetap WP terbaik.

1. Mudah Digunakan

Percaya sama gue, WP gampang banget. Dulu gue bocah yang cuma lulus SMP yang penasaran sama internet. Mulai dari pengaturan, desain dan penulisan, WP cepat dipahami. Terbukti lho, 37% website yang ada di dunia maya itu pakai WP.

2. Tema Melimpah

Bikin blog atau website yang keren itu susah. Dulu waktu pakai Joomla gue kesulitan untuk dapetin tampilan yang sesuai. Kebetulan juga gue ga ngerti CSS. Satu-satunya cara adalah pakai template, kalau di WP namanya Themes atau Tema. Ada banyak pilihan tema WP, mulai dari yang jelek sampai yang bagus ada semua. Dari yang harganya jutaan sampai gratis juga ada, jangan salah, yang gratis keren-keren juga lho.

3. Dukungan Hosting

WP itu populer banget, sekarang menjamur tuh hosting khusus WP. Kita ga perlu lagi ribet install WP, langsung bisa login dan mulai menulis. Kalau pengguna shared hosting ada tuh fitur namanya Softaculous, kalau dulu gue pake Fantastico. Kita bisa install CMS seperti Joomla, WP, Drupal, dll.

Nah di VPS ga ada fitur begituan. Gue harus install WP sendiri, gampang sih caranya tinggal upload terus bikin database. Sekarang panel VPS seperti Runcloud atau ServerPilot yang pernah gue pake, menyediakan fitur install WP, jadi ga perlu lagi ribet create database, tinggal isi username dan password jadi deh blognya.

4. Multifungsi

Awalnya WP itu untuk blog, tapi lihat deh sekarang toko online ada yang pakai WordPress! Padahal blog kesannya kurang profesional eh ternyata banyak perusahaan besar dan merek ternama yang pakai WP. Berkat dukungan plugin yang banyak, WP bisa jadi apa aja. Situs iklan baris bisa, toko online bisa, forum bisa, banyak deh.

5. Aman

Kalau soal keamanan mungkin relatif dan tidak ada yang 100% aman apalagi di dunia maya. Pengalaman gue sejak 2010 pakai WP, belum pernah terjadi sesuatu yang parah. Ya memang WP jadi target empuk para hacker karena penggunanya banyak, tapi asalkan kita tetap update ke versi terbaru ya mudah-mudahan aman. Oh iya, WP di shared hosting rentan deface, itu pengalaman gue dulu. Sejak pakai VPS blog WordPress gue ga pernah lagi kena deface.

Nah itu 5 alasan kenapa gue pakai WordPress. Gue rasa pas untuk tulisan awal di blog ini. Oh iya WordPress ada 2 versi, .com dan .org. Di tulisan ini gue bahas tentang versi wordpress.org.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*