Yukusaha.id: Budidaya dan Memelihara Ikan Hias Kini Jadi Favorit yang Menguntungkan, Masih Nggak Mau?

Kehidupan monoton manusia dewasa menjadikan budidaya dan memelihara ikan hias kini jadi favorit. Rutinitas yang hanya itu-itu saja, bangun-kerja-pulang-tidur menjadikan hidup mereka tidak berkesan. Apalagi untuk mereka yang tidak suka dengan kesepian, berjiwa pekerja yang harus selalu melakukan sesuatu, dan tidak suka banyak berkutik dengan handphone.

Ikan hias menjadi pilihan favorit karena bentuknya yang cantik. Biasanya ukurannya kecil dan sayang untuk dikonsumsi. Orang-orang yang suka melihat air akan terobati dengan gemercik perputaran air di kolam ikan maupun aquarium.

Alasan budidaya dan memelihara ikan hias kini jadi favorit

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, rutinitas yang monoton menjadikan orang memilih untuk memelihara ikan hias. Pemeliharaannya yang tidak gampang dan butuh modal tidak sedikit pun akan berpengaruh pada keindahan rumah. Pembuatan kolam, atau penggunaan aquarium akan menambah sensasi sejuk bagi rumah.

Lalu, bagi mereka yang memiliki pemikiran maju mengenai bisnis, bidang ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Mereka akan memperbanyak dan membudidayakan ikan-ikan hias mereka untuk dijual ke orang yang juga suka mengoleksi ikan hias.

Banyak ikan yang tidak murah, bahkan bisa sampai ratusan bahkan jutaan rupiah karena keunikan dan kecantikannya. Herannya, bagi orang-orang yang fanatik pada ikan hias akan rela mengeluarkan uang banyak demi untuk menyempurnakan koleksi mereka. Itulah mengapa bidang ini bisa cukup menghasilkan.

Bayangkan, jika mempunyai sepasang ikan yang terkenal berharga mahal, lalu dibudidayakan untuk menghasilkan ikan jenis itu lebih banyak. Dengan hanya bermodal awal dua ikan itu beserta perawatannya yang sudah umum, dan bisa dijual kembali ikan yang sudah semakin banyak, akan terlihat untungnya bukan?

Apa saja hal yang harus diperhatikan dalam membudidayakan ikan hias?

  1. Tempat

Bagi yang ingin mengoleksi ataupun membudidayakan pasti membutuhkan tempat. Pemilihan tempat yang baik akan berpengaruh pada kesehatan ikan. Tempat yang terlalu sempit akan menjadikan ikan stres dan mati. Aliran air juga harus selalu terjaga agar oksigen yang ikan dapat, bisa terpenuhi.

Bagi yang berniat membudidayakan, harus mempersiapkan tempat perawaatan induk, tempat pemijahan, penetasan, pendederan, pembesaran serta tempat untuk menampung hasil.

  1. Jenis ikan

Mengetahui ciri-ciri umum dari ikan merupakan hal wajib yang harus diketahui. Perbedaan jenis kelamin ikan, jenis perawatan setiap jenis ikan, serta memahami usia produktif ikan dan juga waktu telur ikan untuk menetas.

  1. Pakan

Pakan yang digunakan bisa berupa pakan alami, yakni seperti serangga kecil jika ikan hias cukup besar. Lalu bisa juga dengan jentik-jentik nyamuk dan juga plankton.

Ada juga pakan buatan, seperti pelet ikan yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk pemenuhan nutrisi ikan.

  1. Perawatan

Perawatan paling utama adalah menjaga kebersihan tempat. Untuk membersihkan, ikan harus dipindahkan dan ditaruh sesuai jenis dan usianya.

  1. Tahap reproduksi

Setelah mengetahui ciri ikan, perut ikan betina yang menggelembung menandakan ikan sedang mengandung. Sebaiknya, ikan yang mengandung dipindahkan untuk persiapan bertelur.

Jenis-jenis ikan hias yang sering diminati

  1. Ikan cupang

Ikan ini ikan yang paling mudah dijumpai dan paling banyak diminati. Siripnya yang panjang dan berwarna menarik membuatnya sangat diminati di pasaran.

  1. Ikan Manfish

Ikan bertubuh gepeng dan sirip yang unik ini membuatnya menjadi incaran para pengoleksi ikan.

  1. Ikan mas Koki
  2. Ikan Arwana
  3. Ikan Koi

Itulah mengapa budidaya dan memelihara ikan hias kini jadi favorit. Cantik dan menguntungkan, bukan?