5 Cara Agar Keramik Lantai Dapur Tidak Licin

Sebagai sebuah tempat tinggal, setiap sudut rumah tentu harus memberi keamanan serta kenyamanan untuk seluruh anggota keluarga. Sayangnya, ada ruangan tertentu yang sering membuat kita merasa was-was karena dapat membuat penghuni rumah menjadi tergelincir.

Bukan hanya area kamar mandi, area lain yang membuat hati menjadi was-was adalah lantai dapur. Salah satu alasan mengapa lantai keramik area dapur lebih licin serta rentan terjadi kecelakaan adalah pembersihan yang tidak tepat.

Keramik di bagian dapur yang dibersihkan dengan kurang tepat serta jarang memperoleh perhatian menjadi sebab mengapa orang yang lewat menjadi tergelincir dan jatuh. Jangan salah, risiko yang disebabkan keramik lantai dapur licin ini tidak sedikit.

Bahkan, kita tidak bisa membersihkannya dengan menggunakan pembersih biasa. Agar kecelakaan yang disebabkan karena licinnya keramik dapur tidak terjadi lagi, di bawah ini adalah cara agar keramik lantai dapur tidak licin.

Tips Agar Keramik Lantai Dapur Tidak Licin

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar lantai dapur tidak licin, antara lain:

  1. Lakukan pembersihan dengan rutin

Cara yang paling tepat untuk memastikan jika keramik lantai di bagian dapur tidak licin ialah membersihkannya dengan teratur. Pembersihan secara teratur ini dapat menghilangkan minyak serta kontaminan keramik yang membuat licin.

Usahakan Anda selalu melakukan pembersihan ketika terdapat makanan jatuh atau lantai terkena noda. Lebih-lebih jika mengingat, dapur menjadi area yang sering dikunjungi, oleh sebab itu Anda harus selalu siap siaga melakukan pembersihan lantai dapur, sehingga lantai bebas licin.

  1. Gunakan produk pembersih yang tepat

Ada begitu banyak produk yang dapat digunakan untuk membersihkan keramik dapur di pasaran dan dapat Anda cocokan sesuai dengan kebutuhan. Bila pembersihan tidak dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih, residu akan tertinggal dan membuat Anda tergelincir.

Pastikan memilih produk pembersih yang memiliki keterangan anti selip. Bukan hanya itu, Anda juga harus memastikan jika pembersih yang digunakan memiliki kualitas tinggi.

Harga pembersih berkualitas memang lebih mahal bila dibandingkan dengan produk lain, namun ini menjadi langkah yang tepat untuk mencegah kecelakaan yang dapat menimbulkan kerugian lebih besar.

Jika ingin menggunakan cairan pembersih alami, Anda dapat menggunakan cairan cuka yang dicampur dengan air hangat. Kemudian tambahkan minyak esensial sehingga aromanya menjadi lebih wangi.

  1. Pastikan lantai kering

Jika sudah selesai mengelap atau membersihkan keramik dapur, pastikan membiarkan lantai hingga kering. Anda juga dapat mengeringkan lantai dapur dengan meggunakan kain lap.

Begitu pula jika lantai tidak sengaja terkena cipratan air. Pastikan segera mengelap dengan menggunakan lap kering kemudian kibas-kibaskan agar proses pengeringan menjadi lebih cepat.

  1. Gunakan alat pembersih

Cara agar keramik lantai dapur tidak licin yang berikutnya adalah memilih alat pembersih yang tepat. Tidak hanya melakukan pembersihan dengan cara yang tepat, namun pastikan Anda juga menggunakan alat pembersih yang tepat.

Ketika membersihkan keramik, Anda dapat menggunakan lap serta ember khusus. Lap serta ember khusus ini tidak dicampur dengan pembersih ruangan lain. Selain itu pastikan jika alat pembersih selalu dibersihkan dengan tuntas saat akan digunakan agar tidak tersisa residu minyak sisa pembersihan.

  1. Bersihkan titik rawan

Ketika membersihkan lantai dapur, pastikan Anda juga membersihkan titik-titik rawan. Contohnya seperti area dekat wastafel serta bak cuci piring. Selain itu pintu keluar masuk dan area dekat dengan galon juga harus dibersihkan.

Berbagai cara agar keramik lantai dapur tidak licin di atas bukan hanya agar lantai bersih, namun juga tidak mudah rusak.