Cara Menjaga Kesehatan Tulang

8 Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Cara menjaga kesehatan tulang โ€“ Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang bisa berkurang sehingga menyebabkan berbagai penyakit, seperti osteoporosis dan rakitis. Untuk itu Anda perlu menjaga kesehatan tulang sejak dini agar kepadatannya tetap terjaga dan risiko terkena penyakit tulang di usia lanjut bisa berkurang.

Menjaga kesehatan tulang bisa dimulai dengan menerapkan pola hidup sehat dan aktif bergerak. Lebih cepat Anda memulainya maka kesehatan tulang juga akan lebih terjaga hingga usia lanjut. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin tahu seperti apa cara menjaga kesehatan tulang bisa langsung menyimak ulasan selengkapnya di bawah ini.

8 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tulang

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari berbagai penyakit, beberapa di antaranya ialah sebagai berikut:

1. Mencukupi Kebutuhan Vitamin D

Vitamin D tidak hanya berperan dalam menjaga sistem imun tubuh, melainkan juga menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Kecukupan gizi vitamin D yang dianjurkan sebesar 600 IU per hari untuk orang dewasa dan 800 IU untuk usia lebih dari 70 tahun.

Dengan memenuhi kebutuhan vitamin D harian maka penyerapan kalsium bisa lebih maksimal dan mampu menjaga pembentukan tulang serta melindungi tulang dari pengeroposan. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin D seperti salmon, minyak ikan, tuna, udang, tiram, jamur, dan sarden.

2. Rutin Berjemur

Cara menjaga kesehatan tulang yang satu ini sebenarnya masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Tubuh manusia pada dasarnya tidak dapat memproduksi vitamin D sendiri sehingga harus dibantu dengan sinar matahari.

Oleh sebab itu Anda disarankan rutin berjemur setidaknya 3-4 kali dalam seminggu agar produksi vitamin D dalam tubuh lebih optimal dan mampu menjaga kesehatan tulang. Menurut ilmuwan yang meneliti vitamin D, Prof dr Siti Setiati, SpPD, KGER, MEpid menyarankan untuk berjemur di atas jam 9 pagi. Berjemur juga tak perlu terlalu lama, cukup 10-15 menit tiap sesinya.

3. Olahraga Angkat Beban

Dalam salah satu sesi wawancara bersama CNN Indonesia, Ade Rai selaku binaraga profesional yang menjuarai kejuaraan dunia Musclemania menjelaskan bahwa olahraga angkat beban mampu meningkatkan massa otot rangka. Menurutnya, saat otot menurun maka penyakit osteoporosis, osteorathritis, dan berbagai penyakit tulang lainnya mulai bermunculan.

Otot rangka yang melekat pada tulang menjadi penjaga kesehatan tulang agar kepadatannya tetap terjaga. Oleh sebab itu olahraga angkat beban menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tulang yang sangat efektif. Beberapa olahraga angkat beban sederhana yang bisa dilakukan di rumah seperti push up, squat, sit up, plank, dan pull up.

4. Konsumsi Suplemen Tulang

Sejak kecil mungkin Anda ingat bahwa susu menjadi minuman wajib untuk menyehatkan tulang karena mengandung kalsium yang sangat tinggi. Namun sebenarnya susu saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan tulang. Anda membutuhkan suplemen tulang yang mampu menurunkan risiko pengeroposan tulang. Selain itu, Beberapa suplemen seperti Biorate, Osteobooster, dan Osteopain juga efektif dalam menyembuhkan penyakit sendi dan tulang.

Suplemen Osteobooster yang diciptakan khusus untuk penderita radang sendi dan rematik dapat memelihara kesehatan sendi dalam membantu perbaikan kesehatan tulang. Biorate sebagai obat tradisional juga mampu meredakan nyeri sendi akibat asam urat yang menyertainya.

Sedangkan Osteopain yang mengandung 100% ekstrak Boswelia Serrata alami menjadi solusi terapi untuk mengatasi sakit pada tulang, lutut, sendi, sakit pinggan, dan sakit tulang belakang karena syaraf terjepit.

5. Berhenti Merokok

Cara menjaga kesehatan tulang yang selanjutnya adalah menghentikan kebiasaan merokok. Merokok terbukti merugikan banyak organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati, usus, dan masih banyak lainnya. Selain itu, kandungan pada rokok juga menyebabkan kerapuhan tulang yang berisiko menimbulkan penyakit tulang.

Menghentikan kebiasaan merokok akan memberi dampak luar biasa untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, kepadatan tulang juga lebih terjaga dan Anda bisa lebih aktif bergerak. Untuk jangka panjangnya perubahan kecil dari kebiasaan merokok mampu menurunkan risiko terjadinya osteoporosis.

6. Konsumsi Sayuran Hijau

Mengkonsumsi lebih banyak sayuran hijau tidak hanya baik untuk menjaga sistem pencernaan, namun juga menjaga kepadatan tulang. Sayuran hijau merupakan sumber vitamin D dan kalsium yang baik untuk tubuh. Ditambah lagi di dalamnya terkandung banyak vitamin dan mineral lain yang tak kalah penting bagi tubuh.

Dengan memasukkan sayuran hijau ke menu makan sehari-hari, Anda akan mendapat kesehatan tulang yang lebih baik. Nutrisi mikro harian juga lebih terjaga dan tercukupi sehingga kesehatan tubuh bisa lebih prima.

7. Jangan Konsumsi Kopi Berlebihan

Bagi para pencinta kopi, tentu tidak nikmat rasanya apabila satu haru saja terlewat tanpa menikmati kopi. Namun pastikan Anda tidak mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Bila Anda mengkonsumsi lebih dari 3 cangkir kopi setiap harinya, maka penyerapan kalsium di tubuh akan terganggu.

Pada dasarnya kandungan utama kopi adalah kafein yang bisa memberi banyak manfaat pada tubuh. Akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan kafein juga bisa merugikan tubuh Anda. Mulai dari sulit tidur karena hormon kortisol atau stres meningkat hingga lambatnya penyerapan kalsium yang berpengaruh pada kekuatan tulang.

8. Perbanyak Jalan Kaki

Cara menjaga kesehatan tulang yang terakhir adalah dengan aktif bergerak sehari-hari dengan berjalan kaki. Apabila Anda ingin pergi ke tempat yang tidak terlalu jauh maka sebaiknya Anda mempertimbangkan jalan kaki. Menurut penelitian di Tokyoto Medical Care Hospital, Jepang menyebutkan bahwa berjalan kaki 15-20 menit secara rutin akan memperkuat otot bagian bawah dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Oleh karena itu berjalan kaki secara rutin tiap hari bisa Anda jadikan pilihan praktis sebagai cara menjaga kesehatan tulang dan sendi mulai hari ini.