5 Ciri-Ciri Skin Barrier Mengalami Kerusakan

Apakah Anda pernah memiliki permasalahan pada kulit wajah yang tidak kunjung mendapatkan hasil yang maksimal meski sudah menggunakan berbagai macam produk perawatan kulit? Jika Anda pernah mengalami hal tersebut, bisa jadi disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada skin barrier.

Perlu Anda ketahui bahwa skin barrier merupakan lapisan pelindung kulit pada bagian luar lapisan epidermal yang berfungsi sebagai pelindung kulit. Skin barier inilah yang akan melindungi kulit dari polusi, debu, paparan sinar matahari, menghalau sinar UV dan faktor lainnya.

Tahukah Anda bahwa skin barrier ternyata mudah mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut disebabkan oleh pertambahan usia, pemakaian skincare yang salah, kandungan skincare yang mengandung mercuri, hidroquinon, zat kimia lain yang berbahaya, seringnya terjadi ekfloitasi, faktor cuaca dan lain-lain.

Rusaknya skin barrier akan menimbulkan berbagai masalah terhadap kulit. Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pada skin barrier, Anda harus mengetahui ciri-cirinya. Berikut merupakan 5 ciri-ciri yang terjadi pada skin barrier yang rusak.

  1. Munculnya ruam dan terasa kencang

Kerusakan skin barrier pada kulit wajah dapat ditandai dengan munculnya ruam, dan kulit akan terasa lebih kencang pada area wajah yang mengalami ruam. Munculnya warna kemerahan pada wajah ini mengganggu rasa percaya diri seseorang yang mengalami permisalan kulit tersebut. Biasanya ruam ini juga disertai dengan peradangan pada kulit, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

  1. Kulit terasa lebih tebal, kasar serta gatal

Ciri-ciri kedua pada skin barrier yang rusak dapat dirasakan dengan rasa gatal pada kulit, dan kulit terasa lebih tebal serta kasar. Jika Anda sudah mengalami hal tersebut, untuk mengatasi kondisi tersebut tidak mudah dikarenakan kulit akan terasa perih saat disentuh.

  1. Jerawat muncul di tempat yang tidak semestinya

Sudah semestinya jika jerawat muncul pada area wajah. Tetapi bagi Anda yang mengalami kerusakan pada skin barrier maka jerawat akan muncul di tempat yang tidak biasa seperti di dekat telinga, di area sekitar bibir dan daerah-daerah yang tidak semestinya. Hal tersebut akan mengganggu kenyamanan Anda, serta mengganggu penampilan Anda.

  1. Kulit mendadak berminyak dan kering

Kulit berminyak merupakan salah satu masalah utama yang menyerang kulit wajah. Tetapi, jika kulit Anda tiba-tiba berminyak secara mendadak atau kering secara mendadak serta ditandai dengan timbulnya jerawat, maka perlu diwaspadai. Kondisi tersebut merupakan salah satu ciri bahwa skin barrier Anda mengalami kerusakan. Anda dapat mencegahnya dengan memperbanyak konsumsi air putih, mengkonsumsi buah dan sayur, rajin mencuci wajah, serta menggunakan sunscreen ketika melakukan aktivitas di luar rumah.

  1. Kulit menjadi bersisik dan mengelupas

Ciri-ciri terakhir dari rusaknya skin barrier ditandai dengan kulit terasa bersisik dan mengelupas. Masalah kulit ini membuat tidak nyaman, pengelupasan serta terasa bersisik pada kulit terjadi dikarenakan dehidrasi, suhu terlalu panas, dan faktor yang lain. Untuk mencegahnya Anda sebaiknya rajin mencuci wajah, serta dapat menggunakan skincare firming skin barrier dari MS Glow. Salah satu produk yang dikeluarkan oleh MS Glow beauty untuk mengatasi skin barrier, yaitu MS Glow deep treatment essence. Skincare tersebut berfungsi untuk menutrisi kulit dan dapat menjaga kelembapan kulit sampai lapisan kulit terdalam. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam ekstrak kaktus, serta kandungan hyaluronic acid yang mampu melembabkan kulit sangat cocok untuk memperbaiki skin barrier yang rusak.