Pengalaman Pertama Ganti Busi Sendiri – Brisk AR14YC-9

Setelah sukses ganti oli sendiri, gue sekarang penasaran untuk ganti busi sendiri. Gue sih biasanya ganti busi ke bengkel AHASS dekat rumah, Rp 14.000 sudah termasuk pasang.

Kebetulan pas browsing di Instagram gue lihat tentang busi BRISK, impor dari Czech Republic. Harganya Rp 50.000, katanya pakai busi ini interval penggantiannya bisa sampai 30.000 km. Brisk AR14YC-9 ini berbahan copper (tembaga).

Brisk punya website resmi di briskmotorindonesia.com, nah disitu kita bisa cari tipe busi yang cocok sesuai motornya. Tipe yang cocok untuk Honda Absolute Revo yang gue pakai adalah tipe AR14YC-9.

Gue belum yakin. Gue mulai dari browsing dulu busi yang sekarang, Denso U20EPR9 lalu gue bandingkan dengan Brisk AR14YC-9. Semua spesifikasinya cocok, mulai dari gap electrode, panjang busi dan diameternya. Cuma bedanya Denso berbahan nickel dan Brisk copper. Oke aman kalau gitu.

Nah, sekarang yang susah adalah cari busi ini di Purwokerto. Gue nemu info yang jual busi Brisk ini di bengkel yang servis motor-motor gede, tapi pas sampai sana ternyata kosong. Gue cari lagi dan ternyata ada yang jual di toko variasi motor dan harganya ternyata lebih murah daripada beli online Rp 55.000.

Busi udah dapat, tinggal kunci businya. Rp 25.000 keluar dari dompet gue untuk membeli kunci busi ukuran 16. Dihitung-hitung mahal juga ya, total Rp 75.000 hanya untuk ganti busi haha. Ga apa-apa lah, itung-itung tambah pengalaman dan mengusir kejenuhan di rumah.

Pengalaman pertama memang selalu berkesan. Setelah gue bongkar bodi samping, tampaklah bagian silinder tempat busi menancap. Gue tarik cop businya dan kelihatan benda berwarna putih.

Akhirnya busi lama terlepas juga, sekarang waktunya pasang busi baru. Nah di langkah kedua ini gue panik, maklum pertama kalinya ganti busi sendiri.

Setelah gue pasang busi Brisk, awalnya pakai tangan baru gue kencengin pakai kunci businya. Pas gue pasang cop businya kok ga masuk-masuk ya, ternyata gue lupa untuk membuka bagian kecil yang menutup ujung businya.

Gue pikir salah beli, kok ga bisa dipasang nih cop businya. Ealah ternyata karena belum dibuka. Maklum, pertama kalinya ganti busi sendiri.
Kalau di bengkel mungkin ganti busi cuma beberapa menit, tapi gue hampir setengah jam hahaha. Akhirnya terpasang juga dan gue dapat skill baru, ganti busi ๐Ÿ˜€
Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *