Kesan Pertama Pakai Internet dari by.U

Kerjaan gue erat banget hubungannya sama internet, ya iyalah ngeblog kan harus online. Dulu sempat pakai Indihome tapi ga kuat bayar bulanannya. Akhirnya gue putuskan untuk balik lagi pakai internet mobile.

Pilihan waktu itu jatuh ke AXIS, gue lihat tarifnya cukup murah. Rp 35.000 dapat 6GB masa aktif 30 hari. Gue tinggal di area perkotaan, dekat jalan provinsi ada hotel dan kantor Telkom, yang pasti bukan pedalaman.

Paket data AXIS memang murah tapi sinyalnya itu ga bisa stabil, bisa tiba-tiba pindah ke 3G dan tau sendiri 3G-nya AXIS itu seperti GPRS! Kesel banget kalau udah kayak gini, lagi asik nulis mau upload eh timeout karena saking lambatnya.

Singkat cerita, gue diingatkan oleh adik ipar untuk pakai by.U. Dulu pernah sih lihat video reviewnya by.U tapi gue ga tertarik begitu tau ini produknya Telkomsel, ah pasti mahal, males.

Setelah gue cek aplikasinya, eh murah juga ternyata untuk produk sekelas Telkomsel. Inovasi keren nih dari Telkomsel, mulai dari pembelian sampai pendaftaran semuanya lewat aplikasi.

Gue coba beli paket perdana 3 GB masa aktif 14 hari seharga Rp 15.000.

Layaknya milih kartu perdana di konter, gue dikasih 5 atau 6 pilihan nomor. Gue pilih yang paling gampang diingat.

Gue pilih ambil sendiri ke Indomaret dekat rumah, selang 2 hari akhirnya dapat notifikasi kalau kartu sudah bisa diambil. Eh ternyata Rp 15.000 itu tanpa ongkir, atau mungkin sudah termasuk.

Pertama kalinya gue lihat ada kartu perdana yang kasih SIM ejector. Benda kecil ini berguna banget untuk ponsel baterai tanam, tanpa ini bakalan bingung keluarin itu kartu SIM. Dibanting pun ga bakalan keluar itu kartu hahaha.

Aktifasi perdana pakai NIK KTP KK berjalan dengan mulus lewat aplikasinya. Ga ada ceritanya pakai SMS atau lewat kode-kodean.

Seharusnya produk Telkomsel itu sinyalnya bagus dan teryata benar. Di tempat gue tinggal sinyalnya antara 3-4 bar 4G dan bisa gue pakai di dalam kamar. Dulu AXIS sinyalnya hilang kalau di dalam kamar, kesel banget. Kecepatannya juga mantap, jarang tiba-tiba pindah ke 3G.

Semoga awet dan tidak berulah ke depannya. Gue bosen ganti-ganti kartu, dulu IM3, AXIS, XL semuanya mengecewakan.