Layanan Gratis Berkualitas dari Cloudflare

Gue rasa nama Cloudflare cukup dikenal di kalangan blogger. Cloudflare punya layanan gratis yang menurut gue sangat membantu. Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu ada serangan ke beberapa website gue.

Terlihat dari log firewall di Cloudflare dan CPU usage yang ngga wajar, selalu di atas 50%. Gue bilang ga wajar karena mayoritas blog gue itu sepi alias sedikit banget yang buka, jadi aneh kalau CPU usage tinggi.

Setelah gue lihat ternyata serangan ini mengarah ke file xmlrpc.php. Yap, WordPress memang target favorit para hacker. Sebagaimana pernah gue tulis sebelumnya, WP itu banyak banget pemakainya karena mudah.

Ada sekitar 18 blog di Cloudflare, semuanya memanfaatkan layanan gratis dari Cloudflare. Cara pakainya sangat mudah, nanti setelah kita daftarin websitenya. Nanti akan disuruh ganti nameserver milik Cloudflare.

SSL/TLS, DNS, dan Firewall. 3 fitur ini menurut gue udah keren banget, apalagi yang SSL, ga perlu ribet install SSL sendiri. Sekarang rasanya wajib tuh blog pakai SSL, apalagi untuk SEO.

Kalau DNS sih jarang banget disentuh, cuma sekali setting aja kecuali mau tambah subdomain. Nah yang paling terasa adalah Firewall-nya Cloudflare. Gue ga bisa setting firewall di VPS, ribet.

Adanya firewall CF ini sangat membantu, gue bisa blokir akses yang tidak berkepentingan. Contohnya disini akses ke file xmlrpc.php, gue cukup bikin rules dan firewall bekerja. Ya di versi gratisnya cuma ada 5 rules, tapi gue rasa cukup kok.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *