Manfaat Susu Kolostrum

Manfaat Susu Kolostrum Yang Lagi Hits

Kolostrum merupakan susu yang dihasilkan oleh induk sapi setelah sapi tersebut melahirkan. Susu kolostrum yang dihasilkan oleh sapi sayangnya tidak berlangsung lama karena pada dasarnya susu yang dihasilkan tersebut adalah untuk kebutuhan anak sapi yang baru dilahirkannya. Dalam susu kolostrum terdapat nutrisi yang penting bagi tubuh manusia.

Kolostrum telah melewati uji klinis dan telah terbukti sangat baik untuk melawan alergi, virus, meningkatkan imun tubuh, melawan penyakit jantung, kanker, menurunkan berat badan, penyembuhan luka, memperbaiki otot dan lain sebagainya. Berikut beberapa manfaat susu kolostrum yang perlu anda ketahui:

1. Melindungi usus bayi

Usus bayi sangatlah rentan dan tak semua jenis susu serta makanan dapat dikonsumsi oleh bayi. Namun susu kolostrum sangatlah baik untuk kesehatan usus bayi karena susu kolostrum dapat melindungi bagian usus bayi ketika bayi hendak mencerna makanan. Susu kolostrum dapat membantu menangkal kuman supaya tak dapat memasuki aliran darah bayi sehingga tubuh bayi akan lebih kebal terhadap penyakit dan bakteri. Imun tubuh bayi akan meningkat dan mulai berfungsi dengan baik. Hal tersebut dapat terjadi karena susu kolostrum dapat menjadi sekretori immunoglobulin (slg A) yang dapat menjadi anti bodi bagi yang meminumnya.

2. Membersihkan sisa metabolisme

Tubuh kita dapat menghasilkan sisa metabolisme, yaitu sejenis senyawa yang dihasilkan melalui proses respirasi seluler yang sudah tidak dapat digunakan kembali oleh tubuh atau organisme yang ada di dalam tubuh. Oleh sebab itu sisa metabolisme ini dapat menjadi toksik atau racun bagi tubuh jika tidak dikeluarkan.

Susu kolostrum dapat membantu tubuh untuk membersihkan sisa metabolisme sehingga nantinya tubuh akan terbebas dari toksik atau racun tubuh yang berasal dari sisa metabolisme yang dapat menjadi penyebab penyakit. Hal ini dapat terjadi karena susu kolostrum mengandung banyak nutrisi dan protein yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

3. Melindungi tubuh dari penyakit

Hal menarik lainnya dari susu kolostrum adalah kandungan sel darah putihnya yang sangat tinggi. Sel darah putih yang terdapat dalam susu kolostrum nantinya dapat berfungsi untuk melindungi tubuh dari beragam bakteri dan virus yang menjadi penyebab berbagai penyakit.

Selain itu sel darah putih juga dapat membantu melawan bakteri penyebab infeksi pada luka serta mempercepat proses penyembuhan luka. Meminum susu Kolostrum ini sangat bermanfaat bagi.

4. Sangat bagus untuk kesehatan pencernaan

Susu kolostrum sangat baik bagi pencernaan karena kaya akan kandungan vitamin A dan juga protein namun susu ini rendah lemak. Selain itu susu kolostrum ini mengandung karbohidrat dan juga potasium yang dibutuhkan oleh pencernaan sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Sumber: Nadivit Official