4 Minuman yang Baik Dikonsumsi Penderita Kencing Manis

Mengalami penyakit kencing manis, Anda harus selalu mengawasi kadar gula darah Anda. Pengawasan terhadap kadar gula dalam darah merupakan langkah yang tepat menghindari faktor resiko komplikasi. Pengaturan pola makan juga harus diwaspadai. Mengetahui jumlah karbohidrat yang akan dikonsumsi serta dampak karbohidrat terhadap gula darah sangatlah penting.

Selain mengatur makanan yang akan dikonsumsi, penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman yang kadar kalorinya rendah bahkan nol kalori. Minumana apa saja yang baik untuk penderita kencing manis, mari simak pilihan minuman berikut ini.

  1. Air Mineral

Air mineral merupakan minuman terbaik bagi penderita diabetes, dikarenakan tidak mengandung kalori. Mengkonsumsi air sesuai kebutuhan yang dianjurkan atau 9 gelas perhari, dapat membantu tubuh mengeluarkan kelebihan glukosa dalam tubuh yag tidak terserap dengan baik melalui keringat, maupun urine.

  1. Teh Hijau

Teh hijau dipercaya kaya akan banyak manfaat dalam bidang kesehatan. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri berfungsi dalam pengendalian resiko penyakit diabetes tipe 2. Kandungan antioksidan pada teh hijau dan sifat diuretik dapat membantu mengurangi kolestrol jahat.

Menurut studi para ahli mengkonsumsi teh hijau sebanyak 1,42 liter dapat menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2, selain the hijau anda dapat mengonsumsi teh hitam, teh chamomile. Pada saat mengkonsumsi the pastikan Anda juga membatasi pemberian gula.

  1. Kopi

Minuman ini dikenal dengan berbagai manfaat selain dapat membakar lemak, kopi juga dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2. Hal ini sesuai penelitian pada tahun 2012 oleh para ahli, bahwa penderita diabetes yang minum kopi 2 sampai 3 cangkir per hari dapat mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2.

Khasiat ini berlaku untuk kopi berkafein atau tanpa kafein. Jika Anda memiliki sensitifitas terhadap kafein, sebaiknya Anda pilih kopi tanpa atau rendah kafein untuk menghidari jantung berdebar. Pada saat mengkonsumsi kopi hindari pemberian gula atau susu, karena penambahan minunam yang mengandung gula dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah.

Bagi Anda yang tidak suka dengan rasa pahit dapat menganntinya dengan pemanis tanpa kalori seperti gula aren, atau mengganti kopi anda dengan kolagit.

Kolagit merupakan singkatan dari kopi gula Gita, obat herbal berupa kopi yang diklaim dapat menurunkan kadar gula dalam darah yang berlebih, serta memiliki banyak khasiat bagi penderita diabetes. Untuk hasil yang maksimal Anda dapat membeli kolagit asli di kolagitobatdiabetes.com dikarenakan banyak produk palsu yang dijual dipasaran. Untuk mengetahui kolagit asli atau palsu Anda dapat mencari informasinya di internet.

  1. Jus Sayur

Sayur-sayuran dianggap lebih baik dibandingkan dengan jus buah. Hal ini disebabkan karena sayur-sayuran rendah akan glukosa dan tinggi akan serat, sedangkan buah-buahan memiliki glukosa dan fluktosa yang tinggi.

Daftar minuman diatas tentunya mudah ditemui, dan mudah untuk didapatkan. Semoga dengan informasi diatas gula darah Anda dapat terkontrol dengan baik.