Ini Pengalaman Gue Dapat Uang dari Blog di 3 Website

AndreGerin.com ini bukan blog gue yang pertama, gue mulai ngeblog sejak tahun 2008 dan itulah yang gue lakukan sampai sekarang.

Nah disini gue mau berbagi sebagian pengalaman dari 4 website penghasil uang untuk blogger. Kalau kalian mau gabung di website ini wajib punya blog.

Sosiago.id

Gue mulai dulu dari yang paling baik, soalnya ada yang jahat. Dulu Sosiago namanya iBlogMarket. Dari semua website penghasil uang di Indonesia yang pernah gue coba, ini yang paling baik.

Soal pembayaran jarang banget meleset, jadwal pembayaran mereka di hari ke-14 setiap bulannya. Minimal pembayaran Rp 100.000 dan selama ini setiap task yang gue dapat selalu lebih dari Rp 100.000.

Websitenya enak dipake, loading cepat dan tampilan user-interfacenya gampang dipahami. Kelihatan kalau Sosiago ini dibikin sepenuh hati dan ada customer service yang siap menjawab pertanyaan atau keluhan.

Berita bagusnya, gue belum pernah mengalami masalah selama di Sosiago. Kalaupun ada keterlambatan pembayaran pasti mereka kabarin. Keren banget, beda banget sama 3 website di bawah ini.

Vira.id

Pas nulis ini gue lagi sebel sama Vira.id. Gue request cashout tanggal 3 agustus sampai sekarang (13 september) belum dibayar juga. Padahal di halaman payout mereka ada tulisan:

Good news, your payout request will now be faster thanks to Xendit! No more waiting and no more transactional fees!

Harusnya diganti: Bad news, because COVID-19 all payment will be delayed until further notice. Please wait and feel the pain!

Soal pembayaran Vira ini ga konsisten kadang cepat 1-2 minggu kadang 1 bulan, dan untungnya masih dibayar. Semoga saja tetap dibayar.

Oh iya, walaupun ada email [email protected] jangan pernah berharap email kamu akan dibales. Gue pasrah aja dah, ga bakalan dibaca emailnya hahaha.

Menurut gue yang paling manusiawi cuma Sosiago untuk saat ini, semoga aja ke depannya ada website penghasil uang lain yang memperlakukan mitra bloggernya seperti manusia.

Blogpartner.id

Ini website ga menghasilkan uang, mereka bayar pakai voucher Blibli. Semua task yang gue dapat di Blogpartner harus membahas tentang Blibli. Sama seperti Vira, kamu ga bisa kontak ke siapapun kalau ada pertanyaan atau keluhan.

Ngomong sama tembok sama seperti kirim email ke Blogpartner atau Vira, ga bakal ada balasan. Satu yang hal gue ga suka adalah vouchernya itu menyusahkan.

Setiap artikel yang kita kerjakan akan dibayar pake voucher senilai Rp 150.000. Bisa dibelanjakan untuk produk apa saja di Blibli.com dengan minimal belanja Rp 160.000.

Gue rasa ini kejam. Kenapa harus ada minimal belanja? Kalau gue butuh barang harga Rp 150.000 ini voucher ga bisa dipake!

Padahal dulu sempat bisa belanja tanpa minimal dan ongkirnya juga bisa dibayar pakai voucher. Sekarang, ada minimal belanja plus ongkir lagi. Sighh

Kesimpulan

Cuma Sosiago yang baik sama mitra bloggernya. Dari sini gue menyarankan untuk kalian yang ingin dapat uang dari blog, cari sebanyak mungkin cara untuk menghasilkan uang dari blog.

Gue sekarang lagi mau mencoba YouTube (lagi), dulu pernah punya channel sekitar 3.500 subscriber tapi gue jual murah Rp 5.000.000 karena lagi butuh uang.