pompa air tenaga surya

Penggunaan Dana Desa untuk Memenuhi Kebutuhan Air Minum Masyarakat

Dana desa atau yang sering disingkat dengan DD, merupakan salah satu sumber pemasukan tambahan yang diberikan oleh pemerintah agar dapat meningkatkan sarana pemenuhan masyarakat yang berupa pemenuhan kebutuhan dasar, serta membiayai kegiatan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Namun, dengan munculnya dana ini, juga memunculkan masalah baru, yakni tidak sedikit masyarakat yang mencemaskan mengenai pengelolaannya. Hal tersebut disebabkan karena dianggap masih rendahnya kualitas SDM.

Seperti yang diketahui, ada berbagai macam alokasi yang bisa dilakukan dengan menggunakan dana ini, salah satunya adalah dengan menggunakan dana ini untuk pemenuhan kebutuhan air minum masyarakat.

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Air Minum Masyarakat

Air menjadi sumber elemen utama di dalam bumi sertaq menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Makluk hidup tidak akan bisa bertahan tanpa adanya air, sehingga air begitu diperlukan untuk menjaga kelangsungan hidup.

Air di dalam tubuh berguna untuk mengisi cairan, bukan hanya itu air minum juga digunakan untuk menunjang kehidupan. Salah satu bentuk perilaku hidup bersih yang dicanangkan oleh pemerintah ialah menggunakan air bersih.

Kualitas air akan mempengaruhi kesehatan serta kehidupan sehari-hari terutama untuk air minum. Dengan menggunakan air bersih, masyarakat bisa terhindar dari berbagai macam penyakit seperti disentri, kolera, diare, cacingan dan yang lainnya. Oleh sebab itu wajib seluruh anggota keluarga mengkonsumsi air bersih setiap hari serta menjaganya tetap bersih.

Menggunakan Dana Desa untuk Memenuhi Kebutuhan Air Minum

Dengan begitu pentingnya air minum sebagai penunjang kesehatan masyarakat, sudah sewajarnya dana desa digunakan untuk memenuhi kebutuhan air minum.

Namun, tentu saja tidak mudah mewujudkannya, mengingat kebutuhan air minum dari hari ke hari menjadi semakin besar, sedangkan jika memasang sambungan air PAM, bisa memberatkan bagi warga desa yang memiliki penghasilan rendah.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah menggunakan pompa air tenaga surya. Sekarang ini cukup banyak pompa air tenaga surya yang bisa kita temukan. Salah satu pompa air tenaga surya yang dapat dijadikan sebagai pilihan adalah Sanspower.

Sanspower memiliki produk yang bisa digunakan sebagai sistem penunjang distribusi air. Produk ini sudah digunakan hingga di berbagai penjuru negeri. Produk ini bahkan dapat mendistribusikan air minum berkualitas hingga 24 jam lamanya.

Varian pompa yang dimiliki juga beragam sehingga bisa menyesuaikan varian air bersih dari ebrbagai macam sumber. Sumber yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan air minum masyarakat bisa dari sungai, sumur bor hingga mata air alami. Semua variasi sumber mata air tersebut bisa dialirkan dan sampai di rumah-rumah penduduk.

Dibandingkan dengan menggunakan bantuan dana desa untuk hal yang mungkin kurang bermanfaat, akan lebih baik digunakan untuk menjamin ketersediaan air minum bagi masyarakat bukan.