Hal-Hal yang Penting untuk Diperhatikan Sebelum Menabung di Bank

Salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengelola keuangan atau finansial Anda agar lebih sehat adalah dengan menabung, tabungan ini berguna untuk mewujudkan apapun keinginan Anda, termasuk juga sebagai cadangan keuangan darurat dan mencegah berhutang. Hanya saja memang menabung secara konvensional termasuk cukup riskan, sehingga kemudian banyak diantara masyarakat yang lebih memilih untuk menabung di bank dengan jaminan keamanan.

Namun sebelum memutuskan menabung di bank, perhatikan dulu beberapa hal penting berikut ini agar tidak menyesal, yaitu:

  1. Tujuan menabung, sesuai dengan tujuan menabung Anda maka nantinya dapat menentukan produk tabungan yang sesuai, misalnya sekedar tabungan multiguna syariah yang dapat digunakan untuk apapun kedepannya, tabungan haji yang fokusnya dipakai untuk haji, tabungan untuk pendidikan anak maupun yang lainnya.
  2. Bank konvensional atau syariah, di Indonesia ada 2 jenis bank yang cukup populer, yaitu konvensional dan syariah yang berbasis Islami, namun kebanyakan kaum muslim sendiri lebih memilih dari bank syariah karena terjamin kehalalan produknya, mereka bebas dari riba dan menggunakan prinsip ekonomi Islam.
  3. Kenali apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari produk tabungan tersebut, setiap produk tabungan dari bank pada dasarnya menawarkan nilai manfaat yang berbeda-beda, seperti ada yang membebaskan dari biaya administrasi, nilai bunga yang besar, program reward dan tentunya masih banyak lagi yang lain.
  4. Fitur-fitur bank dan kemudahannya, tabungan masa kini memiliki lebih banyak fitur jika dibandingkan dengan produk perbankan di zaman dahulu, sebut saja diantaranya adalah adanya internet banking yang memudahkan transaksi Anda.
  5. Tabungan biasa atau berjangka, produk tabungan dari bank juga ada yang biasa dan dapat diambil kapan saja, namun juga ada produk berjangka, lebih tinggi nilai bunga, dengan ketentuan hanya bisa dicairkan atau ditarik setelah kontraknya habis saja.

Percayakan uang tabungan Anda hanya kepada Bank Syariah Bukopin yang menjamin kehalalan produknya. Tak sekedar tabungan saja, melainkan produk mereka juga lebih beragam lagi, termasuk ada pendanaan syariah hingga kredit pembiayaan rumah.