4 Tips Membangun E-Commerce Marketplace yang Unggul

Membangun pasar online telah dipermudah dengan meningkatnya jumlah perusahaan Software-as-Service-marketplace, tetapi membangun yang dapat berhasil dan berkembang di masa depan adalah kerajinan yang harus diasah.

Apakah pasar Anda ditujukan untuk B2B, B2C, layanan, persewaan, atau bahkan barang digital?

Seperti yang dijelaskan oleh seorang digital marketer Indonesia Rifqi Mulyawan, berikut adalah 4 tip yang sangat penting untuk membangun pasar yang unggul.

1. Mengatasi Fobia Teknologi

Kekhawatiran utama yang dihadapi sebagian besar wirausahawan adalah ketakutan memilih perangkat lunak yang salah untuk bisnis pasar mereka.

Perusahaan sering kali terhalang untuk membangun pasar online mereka sendiri karena mereka merasa tidak memiliki pengetahuan perangkat lunak untuk melakukannya dengan benar.

Selain itu, biaya yang dirasakan dalam mengadopsi teknologi baru menghalangi banyak usaha kecil untuk beralih ke solusi digital.

Jika Anda ingin mulai membangunnya, maka hindarilah hal ini.

2. Coba untuk Beriklan

Unsur fundamental dari pasar yang sukses adalah sejumlah besar pembeli dan penjual yang berpartisipasi di pasar.

Semakin banyak pembeli dan penjual yang bertransaksi di pasar Anda, semakin besar jumlah pendapatan yang dihasilkan.

Jadi, bagian penting dalam menciptakan pasar yang hebat adalah mengiklankannya untuk menarik pembeli dan penjual sebanyak mungkin.

3. Mulailah dengan Minimum Viable Product (MVP)

Di luar opsi fitur pembelian dan penjualan tradisional yang menentukan pasar online, inovasi teknologi baru telah berkembang biak di berbagai platform eCommerce.

Fitur-fitur ini yang berkisar dari streaming langsung hingga Blockchain yang sangat meningkatkan pengalaman pasar dan membawa saluran tambahan untuk meningkatkan pendapatan ke pasar global.

Mengingat daya tarik fitur ini dan potensi manfaatnya, pemilik pasar yang terlalu bersemangat mungkin tergoda untuk memasukkan beberapa fitur ke dalam pengalaman pengguna mereka.

Namun, perlu dicatat bahwa dalam beberapa kasus, mencampurkan terlalu banyak bahan ke dalam campuran dapat membuat kaldu pahit.

Pasar yang dihasilkan dapat memiliki terlalu banyak fitur sehingga antarmukanya menjadi terlalu rumit atau tidak ramah untuk digunakan, sangat sulit untuk dibuat, atau sama sekali tidak sesuai dengan keinginan pengguna.

Selain itu, waktu yang berlebihan yang dihabiskan untuk menggabungkan fitur-fitur yang tidak perlu ini dapat menunda waktu peluncuran produk, yang pada gilirannya berisiko mengalami kegagalan startup.

Tidak heran entri yang salah waktu menempati peringkat kesepuluh alasan terbesar mengapa startup gagal.

Maka dari itu penting untuk memulainya dengan MVP atau produk dengan fitur yang cukup untuk menarik pelanggan pengguna awal dan memvalidasi ide produk di awal siklus pengembangan produk.

4. Strategi Monetisasi yang Jelas

Terakhir, calon pemilik pasar harus fokus pada strategi monetisasi mereka.

Banyak pendiri startup mendapati diri mereka untuk harus tutup dan berhenti karena mereka kekurangan uang serta karena mendapat kerugian yang terus-menerus.

Ya, ini menyoroti pentingnya memiliki rencana monetisasi yang jelas, yang tidak sempurna untuk kelangsungan hidup bisnis apa pun.

Pertanyaan kunci untuk ditanyakan kemudian adalah apa sumber pendapatan dari pasar Anda?

Pemilik pasar dapat mempertimbangkan apakah model berbasis komisi atau langganan yang umum digunakan paling sesuai dengan bisnis mereka.

Bahkan dalam model ini, ada detail yang lebih baik untuk dipertimbangkan.

Untuk model langganan, apakah penjual membayar biaya bulanan atau tahunan untuk mempertahankan daftar mereka di pasar?

Apakah pembeli harus berlangganan juga, atau hanya penjual?

Tepatnya, biaya apa yang akan dibebankan dan berapa biayanya?

Akhir Kata

Membangun E-Commerce Marketplace yang unggul pada dasarnya tidak selalu terlihat sesulit itu.

Apa yang paling kalian butuhkan seringkali hanyalah keberanian untuk memulainya.

Beberapa tips yang sudah disebutkan di atas pastinya dapat membuat bisnis E-Commerce Anda agar lebih terarah.