Wajib Tahu! 8 Tips Membeli Rumah Pertama Untuk Keluarga Muda

Ingin beli rumah pertama, tapi bingung cara memulainya? Simak tips membeli rumah pertama berikut ini!

Rumah merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang. Mau bagaimanapun, rumah adalah tempat terbaik untuk melepas lelah setelah beraktivitas. Namun harga rumah yang tinggi membuat banyak orang pesimis untuk membeli sebuah rumah. Padahal, rumah pertama bisa diwujudkan jika Anda mengetahui tips membeli rumah pertama.

Proses membeli rumah pertama tentunya memiliki tantangan tersendiri, karena ada banyak aspek yang harus Anda perhatikan. Walaupun banyak tantangannya, bukan berarti mustahil bagi Anda untuk membeli sebuah rumah.

Artikel ini akan memaparkan 8 tips membeli rumah pertama untuk mempermudah Anda. Simak ya!

Tips Membeli Rumah Pertama

1. Kenali kondisi keuangan pribadi

Sebelum membeli rumah pertama, ada baiknya Anda mengenali kondisi finansial terlebih dahulu. Hitung berapa pemasukan dan pengeluaran perbulannya, serta perkirakan berapa budget yang bisa disisihkan dari pemasukan untuk membeli rumah.

Jika Anda sudah berkeluarga, coba diskusikan dengan pasangan terkait rencana membeli rumah pertama. Bicarakan juga perkiraan kondisi finansial keluarga jika ada tambahan pengeluaran untuk membeli rumah.

Dengan mengenali kondisi keuangan pribadi, nantinya Anda akan mengetahui perkiraan kesanggupan untuk membayar cicilan jika membeli dengan sistem KPR. Selain itu, Anda juga bisa memperkirakan harga rumah yang sesuai dengan kondisi finansial Anda.

2. Tentukan lokasi rumah

Setelah yakin untuk membeli rumah, tips beli rumah pertama selanjutnya adalah menentukan lokasi calon rumah. Carilah rumah yang berlokasi tidak jauh dari tempat kerja agar memudahkan mobilitas Anda. Kalaupun lokasi rumah jauh dari tempat kerja, pastikan ketersediaan akses transportasi di sekitar lokasi rumah.

Misalnya Anda bekerja di Jakarta, namun harga rumah di sana sangatlah tinggi. Solusinya, Anda bisa mencari Rumah Tangerang yang berlokasi dekat akses KRL atau akses tol. Harga rumah Tangerang tentunya lebih murah dari rumah di Jakarta, namun Anda tetap bisa berangkat ke tempat kerja dengan mudah.

3. Cari rumah sesuai kebutuhan

Ketika beli rumah pertama, carilah rumah sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan. Perhatikan detail rumah yang akan Anda beli, mulai dari ukuran, model, denah, hingga jumlah ruangan yang tersedia di dalam rumah.

Sesuaikan, apakah anda butuh rumah untuk ditempati sendiri atau bersama keluarga. Jika rumah akan digunakan secara pribadi, rumah ukuran minimalis tentunya akan cukup untuk Anda.

Namun, bila Anda berencana tinggal bersama keluarga, tidak ada salahnya untuk memilih rumah tipe hook agar ada space tanah kosong. Tanah tersebut nantinya bisa Anda gunakan sebagai ruangan tambahan bila dibutuhkan.

4. Perhatikan kualitas bangunan

Sudah memiliki opsi pilihan rumah? Segera periksa kualitas bangunan sebelum membelinya, baik membeli rumah baru atau beli rumah bekas

Jika Anda berencana untuk membeli rumah baru dari developer, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas developer, legalitas, serta track record proyek perumahan sebelumnya. Bila terdapat rumah contoh, Anda juga bisa memeriksa bentuk bangunan rumah serta material yang digunakan.

Begitu juga dengan membeli rumah bekas, Anda juga harus memperhatikan kualitas bangunannya. Jangan sampai Anda membeli rumah bekas yang memiliki banyak kerusakan di dalamnya. Periksa juga kelengkapan surat dan dokumen calon rumah Anda.

5. Periksa lingkungan sekitar rumah

Lingkungan sekitar rumah juga merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan. Ketika Anda sudah menemukan rumah yang cocok, jangan lupa untuk memeriksa lingkungan rumah. Apakah lingkungan tersebut memiliki akses jalan dan akses transportasi yang mudah? Jika tidak, tentunya Anda harus mempertimbangkan ulang.

Selain akses jalan, periksa juga potensi banjir dan longsor di sekitar rumah. Jika kawasan tersebut sangat rawan, tentunya Anda harus lebih berhati-hati lagi. Periksa juga terkait keamanan lingkungan serta kasus kriminalitas di sekitar rumah agar nantinya Anda bisa menempati rumah yang nyaman.

6. Pertimbangkan fasilitas di sekitar rumah

Tips membeli rumah pertama selanjutnya adalah mempertimbangkan fasilitas di sekitar rumah. Apakah terdapat akses rumah sakit, pasar, sekolah, stasiun, tempat ibadah, dan fasilitas umum lain di sekitar rumah.

Perlu Anda ingat, bahwa rumah tersebut nantinya akan ditempati dalam jangka waktu lama. Ketersediaan fasilitas di sekitar rumah tentunya akan mempermudah Anda dalam memenuhi kebutuhan harian.

Perhatikan juga potensi pembangunan fasilitas di sekitar rumah, seperti pembangunan jalan tol, terminal, atau stasiun. Jika kawasan sekitar rumah menyediakan banyak fasilitas, tentunya akan semakin memudahkan Anda kedepannya.

7. Cek sistem pembayaran dengan cermat

Dalam memilih rumah pertama, Anda harus mempertimbangkan sistem pembayarannya. Bila Anda sudah memiliki tabungan yang cukup dan bisa membeli rumah secara cash, tentunya pembayaran rumah akan cepat selesai.

Lain halnya bila Anda membeli rumah baru secara KPR. Sebelum memutuskan untuk memilih sistem pembayaran, cermati jenis kontrak serta sistem cicilan yang ditawarkan oleh pihak developer. Perhatikan besar DP yang harus dibayar, jumlah cicilan setiap bulan, serta durasi pembayaran KPR. Jangan sampai Anda menyepakati sistem pembayaran tanpa memahaminya secara mendalam.

Jika ada dokumen yang masih belum Anda pahami, jangan sungkan untuk bertanya ke pihak developer ataupun agen properti. Hal ini bertujuan agar tidak Anda bisa memahami proses pembayaran secara menyeluruh.

8. Jangan gegabah dalam membeli rumah

Hal terpenting dalam membeli rumah pertama adalah jangan gegabah dalam mengambil keputusan. Walaupun Anda sudah merasa cocok dengan satu rumah, Anda perlu memperhatikan berbagai aspek lain yang tadi sudah disebutkan. Ingatlah bahwa rumah merupakan aset jangka panjang, sehingga Anda harus mengambil keputusan dengan pertimbangan yang matang.

Itulah 8 tips membeli rumah pertama yang bisa Anda terapkan. Jika Anda ingin mencari rumah berkualitas yang dibangun oleh developer terpercaya, silahkan kunjungi Cari Properti untuk menemukan impian Anda.