Bingung Whatsapp Cepat Lemot? Begini Ternyata Tipnya

Sebagai salah satu aplikasi paling sering digunakan, Whatsapp (WA) berjalan lambat atau lemot tentu sangat tidak disukai. Selain karena mengganggu aktivitas sehari-hari, hal ini juga bisa membuat smartphone Anda bermasalah. Sayangnya, belum banyak yang paham akan hal ini.

Tips Membuat Aplikasi Whatsapp Kembali Lancar

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kinerja aplikasi chatting yang semakin lambat. Caranya sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Bagi yang ingin tahu, berikut adalah tips dari goodbizid.com membuat WA kembali lancar.

1. Menghapus chat yang sudah lama

Banyak yang tidak sadar jika salah satu penyebab paling utama mengapa aplikasi WA tidak berjalan lancar atau lemot adalah karena chat atau obrolan lama yang belum dihapus. Jika dibiarkan terus-menerus maka lama-kelamaan chat lama tersebut akan menjadi berkas menumpuk sehingga memakan memori smartphone.

Dengan begitu, kinerja aplikasi WA akan semakin berat sehingga membuatnya menjadi lambat. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda menghapus pesan-pesan yang sudah tidak penting agar aplikasi tersebut bisa berjalan lancar kembali.

2. Hapus media yang tidak penting

Yang dimaksud media di sini tentu saja adalah berbagi foto, video, atau dokumen yang diunduh menggunakan aplikasi Whatsapp. Perlu diketahui jika selain memakan banyak ruang penyimpanan ternyata media-media tersebut juga bisa menambah beban aplikasi Whatsapp.

Anda bisa menghapus sebagian atau seluruh media tersebut agar kinerja aplikasi menjadi lebih ringan sehingga tidak lemot atau sulit dibuka. Caranya juga sangat mudah karena Anda hanya perlu aplikasi File Anda, temukan file bernama Whatsapp kemudian pilih folder Media.

Anda akan melihat berbagai folder berbeda dengan nama Whatsapp seperti Whatsapp Audio, Sticker, Document, dan sebagainya. Pilih salah satu folder tersebut lalu buka untuk melihat isinya. Pilih file mana saja yang ingin dihapus atau disimpan agar kapasitas ruang penyimpanan lebih besar.

 Lakukan hal yang sama untuk folder lain hingga semua file yang sudah tidak dibutuhkan benar-benar dihapus. Anda bisa mencoba membuka aplikasi WA kembali dan rasakan perbedaan antara sebelum menghapus media yang tidak penting dan setelah menghapusnya.

3. Hindari menggunakan foto sebagai latar WA

Menggunakan foto pribadi sebagai latar chat atau obrolan merupakan hal yang umum dilakukan oleh pengguna WA. Hal ini bukan tanpa alasan sebab penggunaan foto akan membuat WA terkesan lebih personal dan istimewa.

Namun, sayangnya hal ini justru bisa memperberat kinerja aplikasi tersebut sehingga membuatnya menjadi lebih lambat dan sulit dibuka terutama ketika Anda membuka obrolan baru. Jadi, Anda sebaiknya menghapus dan menggunakan mode Solid Color agar aplikasi menjadi lebih ringan.

4. Rutin melakukan pembaharuan aplikasi

Melakukan update rutin sangat disarankan karena selain bisa memberikan perlindungan tambahan juga bisa membuat kinerja WA lebih stabil dibandingkan dengan versi sebelumnya. Meski sebenarnya aplikasi Whatsapp bisa memperbaharui diri secara otomatis tetapi terkadang ada pengguna mematikan fungsi tersebut.

Penggunaan fitur Power Saving dan mematikan opsi auto update akan menyebabkan WA tidak bisa update secara otomatis sehingga mau tidak mau Anda harus melakukan update secara manual. Dengan begitu, aplikasi WA akan tetap berjalan lancar.

Berikut adalah beberapa tips untuk bisa digunakan untuk membuat Whatsapp di smartphone Anda kembali lancar dan tidak lemot. Tips-tips di atas sengaja dipilih karena mudah dilakukan dan tidak perlu aplikasi khusus yang terlalu ribet.