Tutorial Cara Membuat Toko Online Gratis dengan WooCommerce

Di masa pandemi seperti saat ini banyak sekali orang yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan dari jualan online. Banyak cara sih yang bisa kamu tempuh. Bisa jualan online via WhatsApp atau gabung grup WhatsApp yang potensial. Bisa jualan lewat Instagram, Twitter, dan tentu saja website.

Apakah dengan berjualan online pakai cara-cara tersebut menghasilkan? Tentu saja menghasilkan. Buktinya banyak loh orang yang jualan lewat WhatsApp, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya. Rata-rata yang berjualan di media sosial adalah wanita, biasanya remaja atau ibu-ibu.

Selain jualan di media sosial, kamu juga bisa melirik jualan menggunakan website sendiri. Misal seperti kamu buka toko sendiri dengan plugin toko online gratis seperti WooCommerce. Pernah dengar kata WooCommerce?

Apa Itu WooCommerce?

Bagi kamu yang benar-benar awam tentang website, WooCommerce adalah salah satu software–mudahnya begitu, sebenarnya dia adalah plugin–yang dipasang di blog berbasis platform WordPress yang digunakan untuk membuat tampilan seperti e-commerce yang sering kamu jumpai. WordPress ini juga gratis loh, kamu bisa download di website resmi WordPress. Atau yang paling mudah, biasanya jika kamu beli layanan domain dan hosting di jasa web hosting terbaik Indonesia kamu bisa menemukan WordPress ini ada di deretan aplikasi Softacolous di cPanel. Cara pasangnya cukup isi form, klik tombol, lalu tunggu hingga instalasi selesai. Sangat mudah.

Lalu apa manfaatnya menggunakan WooCommerce? WooCommerce sudah siap pakai, kamu tidak perlu pusing dengan coding di WordPress. Kamu bisa langsung upload produkmu, setting harga, deskripsi produk, dan lainnya.

Tutorial Membuat Toko Online Menggunakan WooCommerce

  • Yang pertama, kamu harus punya website yang berbasis WordPress dulu. Kamu bisa memasangnya melalui Softacolous yang ada di cPanel. Jika bingung cara menginstal WordPress di cPanel, kamu bisa meminta bantuan Customer Service layanan hostingmu atau bisa googling.
  • Yang kedua, setelah WordPress sudah terpasang, langkah selanjutnya adalah memasang plugin WooCommerce. Caranya? Silakan kamu login di WordPress kamu. Setelah masuk dasbor, kamu klik menu Plugins > Add New, lalu ketikkan kata “WooCommerce”. Klik “Instal Now”. Setelah itu tunggu beberapa menit.
  • Setelah terpasang, maka akan ada tulisan “Activate”, klik tulisan tersebut untuk mengaktifkan WooCommerce di WordPress kamu.
  • Yang ketiga adalah mengatur toko online-mu di WooCommerce. Biasanya ada pilihan “Setup Wizard” untuk mengatur setelah tokomu. Ini cukup membantu untuk kamu yang ingin cepat selesai. Isi data sesuai apa yang disediakan di formulir Setup Wizard tersebut. Biasanya isian berupa alamat toko, kota, negara, dan kode pos.
  • Setelah kamu isi semua data toko yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah kamu bisa memilih tema WooCommerce yang akan kamu gunakan untuk toko online-mu. Ada yang gratis, ada yang berbayar. Pilih yang gratis saja, rasanya sudah cukup powerful.
  • Langkah keempat adalah waktunya kamu mengisi produk di toko online-mu. Pilih menu WooCommerce lalu klik tambahkan produk. Atau bisa langsung menuju ke menu Products. Lalu isi semua data produkmu, mulai dari nama produk hingga kategori dan data isian lainnya.
  • Setelah kamu yakin data produkmu sudah sesuai, lakukan publikasi dengan klik tombol “Publish”. Kemudian kamu bisa mengecek ke URL halaman produkmu. Cek apakah sudah sesuai tata letak dan informasi produknya. Jika masih ada yang kurang, kamu bisa melakukan editing dengan kembali ke dasbor yang mengeklik link edit produk.
  • Langkah kelima? Pelajari fitur-fitur yang disediakan oleh WooCommerce secara lanjut. Banyak sekali fitur yang powerful seperti kupon, pembayaran, mengolah pesanan, dan sebagainya.

Oh ya, sekedar info nih, buat kamu yang ingin membuat toko online dengan WooCommerce dan butuh domain serta hosting, kamu bisa membelinya NEO Web Hosting Neo merupakan web hosting terbaik Indonesia yang dikelola oleh Biznet Gio Cloud. Mumpung lagi ada promo diskon kemerdekaan.

Ada diskon sebesar 25% untuk kalian yang ingin mencoba layanan NEO Web Hosting, sebagai berikut ya:

  1. Diskon berlaku untuk layanan NEO Web Hosting dan NEO Dedicated Hosting
  2. Kode Voucher NEO Web Hosting: NEOWH25 (Sudah Termasuk Domain)
  3. Kode Voucher NEO Dedicated Hosting: NEODH25
  4. Kode Voucher dapat diaktifkan pada periode promo: 20 Agustus 2021 – 20 November 2022 di https://web.neo.id
  5. Diskon hanya dapat digunakan untuk billing cycle annual
  6. Diskon hanya berlaku untuk pengguna baru
  7. Kode promo hanya dapat di-redeem sebanyak satu kali untuk setiap akun yang sudah terdaftar