Panduan Mudah Bikin Website untuk Mencari Uang di Masa Pandemi

Saat masa pandemi hari ini, banyak bisnis atau bahkan pekerjaan yang ikut terdampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau lockdown di beberapa negara. Pada akhirnya, banyak orang yang bahkan kehilangan pekerjaan dan tidak memiliki penghasilan. Membuat website dengan membeli hosting murah paling cepat di dunia bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda mendapatkan tambahan penghasilan dari website.

Panduan Membuat Website Mudah

Sebelum mencari tahu cara menghasilkan uang dari website, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah cara untuk membuat website jika Anda belum memiliki website sebelumnya. Berikut adalah 4 tahapan penting dan paling dasar dalam membuat website:

1. Menentukan Tujuan Membuat Website

Ada beberapa tujuan dalam membuat website yang akan menentukan bentuk website yang Anda buat nantinya. Tujuan membuat website secara umum bisa dibagi menjadi website untuk kebutuhan posting pribadi, website portal berita, website untuk bisnis seperti profil perusahaan, website untuk toko online, dan sebagainya.

2. Menentukan Platform untuk Website

Membuat website sebenarnya tidak membutuhkan kemampuan coding tingkat tinggi. Meski jika mengetahui sedikit saja ilmu coding bisa membantu Anda mendesain website dengan lebih baik dan lebih murah tanpa meminta tolong bantuan ahli. Platform website disebut sebagai CMS yakni Content Management System merupakan platform untuk pemilik website dalam mengelola websitenya.

Salah satu platform yang paling banyak digunakan adalah WordPress. WordPress memegang peringkat nomor satu sebagai CMS paling populer di seluruh dunia.

3. Memilih Hosting serta Nama Domain

Langkah selanjutnya adalah memilih hosting dan register di dalamnya. Ada banyak opsi penyedia hosting murah paling cepat di dunia yang bisa Anda pilih. Pastikan hosting yang Anda pilih memiliki tiga nilai utama yakni dapat diandalkan selama 24 jam dan 7 hari penuh, memiliki sistem keamanan tingkat tinggi, dan kecepatan loadingnya mumpuni.

Setelah memilih hosting, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan nama domain. Sebaiknya gunakan nama domain yang menggambarkan isi website Anda. Nama domain sebaiknya yang sederhana namun tetap unik dan mudah diingat.

4. Instalasi Website

Bagian penting pada website yang harus Anda install adalah sertifikat SSL. Sertifikat SSL akan membantu untuk mengamankan website serta untuk memudahkan saat pemindaian website. Setelah instalasi SSL, langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress jika Anda memilih platform CMS WordPress. Namun jika bukan WordPress, maka install platform CMS yang Anda pilih.

Setelahnya Anda bisa melakukan pengaturan website seperti tampilan, pengaturan tata letak dan sebagainya. Anda juga bisa melakukan posting artikel pertama di website setelah dilakukan pengaturan tampilan.

Cara Menghasilkan Uang dari Website

Setelah Anda berhasil membuat website sendiri, maka langkah berikutnya yang harus dipahami adalah cara untuk menghasilkan uang dari website. Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari website yang Anda kelola secara mandiri.

1. Mendapatkan Uang dari Adsense

Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari Adsense apabila website yang Anda kelola sudah memiliki trafik yang cukup tinggi. Kuncinya adalah mengelola website sebaik mungkin dan rutin mengisi website dengan artikel yang bermanfaat agar banyak pengunjung yang datang membaca. Setelahnya Anda bisa mendaftar untuk Adsense

2. Affiliate Marketing

Anda bisa mengikuti program afiliasi pemasaran yang banyak ditawarkan di internet. Cara untuk menjadi affiliate marketing juga mudah yakni Anda tinggal memasang link atau tautan dari produk sebuah bisnis pada salah satu konten artikel website Anda. Setiap kali pengunjung mengklik tautan tersebut dan melakukan pembelian maka Anda mendapat komisi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *