Yamalube Carbon Cleaner Membersihkan Ruang Bakar Tanpa Bongkar

Awalnya cuma browsing , terus penasaran sama produknya Yamaha, namanya Yamalube Carbon Cleaner.

Menurut website resminya produk ini adalah: Cairan pembersih sisa karbon pada ruang bakar dengan Poly Ether Amine untuk mengembalikan tenaga motor seperti baru kembali.

Fungsinya:

  1. Membersikan, melapisi, dan melindungi dari endapan karbon yang menempel pada ruang bakar, saluran intake dan injector.
  2. Memulihkan tenaga mesin seperti baru kembali.
  3. Menurunkan kadar emisi gas buang

Sepertinya menarik, harganya juga cukup terjangkau, Rp 31.000. Motor gue Honda Revo, usianya kini menginjak 9 tahun. Entah seperti apa kondisi ruang bakarnya, terakhir kali pas ganti busi gue lihat ujungnya hitam gitu.

Kebetulan belum pernah diservis selama 3 bulan terakhir ini, cuma ganti oli saja. Semoga ini bisa jadi solusi menunda sementara servis ringan, kan lumayan tuh Rp 55.000.

Cara pakainya mudah, ada di websitenya.

  1. Tuang seluruh isinya ke dalam tangki bensin, disarankan ketika bensin akan habis (sekitar 1 liter).
  2. Isi tangki bensin sampai penuh.

Apa efeknya? Setelah isi bensin sampai penuh, langsung tancap gas. Beberapa kilometer berjalan, gue coba gas sampai kecepatan 60 km/jam mencoba melewati beberapa kendaraan di jalan area Sokaraja.

Hm..tarikannya kok terasa enteng ya, biasanya si Revo ini susah digas melebihi 60 km/jam, mesinnya itu lho kasar banget suaranya.

Gue termasuk selow rider, kalaupun ngegas ya paling kenceng 60 km/jam, lebih dari itu juarang banget kecuali jalanan sepi dan kelihatan aman.

Rasanya tarikan gas memang lebih responsif dibandingkan sebelum pakai Yamalube Carbon Cleaner, gue yakin ini bukan sugesti.

Gue juga coba melewati tanjakan yang cukup tinggi pakai gear 2, rasanya memang beda sebelum pakai YCC ini, lebih kuat.

Baru jalan 22 km sejak pakai YCC ini, tapi mulai terasa efeknya.

Untuk lebih pastinya, mungkin setelah berkendara lebih dari 100 km soalnya kan cairan 75 ml dicampur di 3.000 ml, mungkin belum bekerja secara maksimal membersihkan di ruang bakar. Analisa gue sih begitu hehe..

Di websitenya juga tertulis: Direkomendasikan dilakukan pemakaian secara berkala setiap 3000 km untuk pembersihan maksimal.

Merasakan efeknya ketika pertama kali pakai, gue jadi penasaran untuk mencobanya lagi. Tentunya nanti sekalian ganti oli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*